Komponen Pada Baterai (Aki)

Accu / Baterai adalah komponen elektrokimia yang menghasilkan tegangan dan menyediakan sirkuit listrik. Saat ini, baterai adalah sumber utama energi listrik yang digunakan dalam kendaraan dan perangkat elektronik. Perhatikan bahwa baterai tidak menyimpan listrik, melainkan mengandung bahan kimia yang dapat menghasilkan energi listrik. Ada dua bahan berbeda dari timah dalam asam yang bereaksi untuk menghasilkan tekanan listrik yang disebut tegangan. Reaksi elektrokimia ini mengubah energi kimia menjadi energi listrik.

Ada beberapa jenis baterai yang tersedia, yaitu baterai timbal-asam (timbal-asam), pemeliharaan ringan atau baterai bebas perawatan, baterai ventilasi, dan baterai tertutup. Penjelasan baterainya adalah sebagai berikut.

1) Baterai timbal-asam (timbal-asam). Pada baterai jenis ini, logam (timah) direndam dalam larutan elektrolit. Tegangan atau energi listrik dihasilkan dari reaksi kimia antara mineral dan larutan elektrolitnya.

2) Baterai ventilasi. Pada baterai ini memiliki penutup ventilasi yang dapat dibuka untuk memeriksa elektrolit atau menambahkan air suling jika perlu untuk mengembalikan kondisinya. Tutup ini juga menghilangkan gas hidrogen yang dihasilkan selama proses pengisian.

3) Baterai sempit (baterai tertutup). Baterai ini juga menggunakan asam timbal tetapi tidak memiliki penutup yang dapat dilepas untuk memeriksa elektrolit atau menambahkan elektrolit. Pada beberapa jenis baterai, letakkan mata Anda kecil untuk menunjukkan tingkat pengisian daya baterai.

4) Baterai perawatan gratis. Pada baterai jenis ini, larutan elektrolit tidak dapat ditambahkan sehingga tidak diperlukan perawatan khusus baterai.

Bangun baterai
Pembuatan baterai diilustrasikan dengan ilustrasi komponen baterai. Berikut ini penjelasan masing-masing bagian baterai.

Bagian baterai

1) Kotak baterai.

Bagian ini bertindak sebagai wadah dan pelindung untuk semua komponen baterai di dalamnya, dan menyediakan ruang untuk penyimpanan baterai di bawah ini. Bahan kotak baterai biasanya transparan untuk memudahkan memeriksa ketinggian solusi elektrolit baterai.

2) Tutup baterai

Bagian ini secara permanen menutup bagian atas baterai (kotak foto dan penutup baterai), lokasi terminal baterai, lubang ventilasi, dan perawatan baterai seperti memeriksa solusi elektrolit atau menambahkan air.

3) Plat baterai

Piring positif dan negatif mengandung jaring yang terbuat dari antimon dan paduan timbal. Piring positif terbuat dari antimon yang ditutup dengan lapisan oksida timbal aktif (timbal dioksida, PbO2) dan berwarna cokelat dan piring negatif terbuat dari timbal spons (Pb) berwarna abu-abu. Jumlah dan ukuran pelat memengaruhi kapasitas arus baterai. Baterai dengan pelat besar atau banyak dapat menghasilkan arus yang lebih besar daripada baterai dengan pelat kecil atau kecil.

Beberapa jenis bahan yang banyak digunakan untuk panel baterai termasuk antimon timbal (antimon timbal), kalsium timbal (kalsium timbal), dan rekombinasi (sel gel). Berbagai jenis baterai dan bahan pelat elektrolit yang digunakan akan menghasilkan karakteristik baterai yang berbeda. Bahan pelat antimon banyak digunakan pada baterai timbal (asam timbal) pada umumnya. Kelebihan baterai ini adalah:

A) Umur pemakaian lebih lama dari baterai kalsium
B) Lebih mudah untuk mengisi atau mengisi ulang ketika baterai benar-benar habis, dan
C) Harganya lebih murah.

Baterai yang menggunakan pelat kalsium berbasis timah adalah baterai asam timbal bebas perawatan. Kelebihan dari baterai jenis ini adalah:

A) Cadangan elektrolit ada pada papan baterai yang lebih besar.
B) Kemampuan untuk menghasilkan arus untuk pemula yang dingin (klasifikasi gaya pengadukan dingin) lebih tinggi.
C) Hanya sedikit atau bebas perawatan.
Baterai sel gel adalah baterai asam timbal padat di mana zat elektrolitnya lebih padat daripada baterai cair lainnya. Kelebihan dari tipe ini adalah:

A) Tidak ada elektrolit yang dapat menyebabkan kebocoran.
B) Ini dapat bertahan beberapa waktu dalam kasus baterai kosong (sepenuhnya kosong) tanpa menjadi rusak (siklus dalam).
C) Karat dan bebas perawatan.
D) Umur servis tiga atau empat kali lebih lama dari baterai biasa
E) Sejumlah besar panel pelat sempit (saling berdekatan) sehingga baterai lebih kecil atau kompak.

Info lebih lanjut:
https://mardinata.com/category/ipa/kimia/

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>