Teknik Pembelajaran

Konsep pembelajaran teknis didefinisikan dalam cara dan alat yang digunakan guru untuk mencapai tujuan, segera ketika kelas sedang dilakukan.

Menurut Radhi al-Hafidh, teknik pembelajaran dilaksanakan ketika proses pembelajaran berlangsung untuk mencapai tujuan mereka.

Teknik pembelajaran, penjelasan dan elaborasi metode pembelajaran, tak perlu dikatakan bahwa kutipan definisi teknik yang disebutkan di atas harus dilengkapi dengan fondasi pada metode tertentu. Teknik pembelajaran adalah taktik taktis dan bernuansa.

Memahami teknik belajar

Menurut Kamus Dewan (edisi ketiga), teknologi adalah pengetahuan tentang bagaimana menghasilkan seni seperti musik, menulis, dan sebagainya.

Menurut Edward M. Anthony, teknik adalah metode strategi atau taktik yang digunakan oleh guru untuk mencapai hasil maksimal ketika mengajar di bagian pelajaran tertentu.

Teknologi adalah alat yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pengajaran yang dipilih kepada siswa. Teknik yang dipilih harus sesuai dengan pelajaran dan pendekatan yang digunakan.

Teknik belajar yang berbeda

1. Teknik diskusi

Diskusi adalah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih. Komunikasi antara mereka / kelompok biasanya mengambil bentuk pengetahuan dasar atau pengetahuan yang pada akhirnya memberikan pemahaman yang baik dan benar. Diskusi dapat berupa apa saja yang awalnya disebut sebagai topik. Dari topik ini, diskusi berkembang dan dibahas, yang pada gilirannya menciptakan pemahaman tentang topik tersebut.

Teknik diskusi adalah salah satu teknik belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah, dimana teknik ini melibatkan proses interaksi antara dua orang atau lebih yang terlibat, di mana pertukaran pengalaman, informasi dan penyelesaian masalah juga aktif. bisa dan tidak ada yang pasif sebagai pendengar.

Teknik diskusi adalah metode pengajaran di mana dua orang atau lebih, masing-masing menggunakan argumen mereka, memecahkan masalah untuk memperkuat pendapat mereka.

Jenis-jenis diskusi adalah:

1) Diskusi informal

Ini adalah diskusi di mana kelas dibagi menjadi dua kelompok, yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelompok ini diikuti oleh diskusi dengan disiplin santai untuk mendapatkan studi dimensi dan kedalaman tinggi. Jika solusi untuk masalah ini sistematis, orang berbicara tentang diskusi informal.

2) Diskusi formal

Ini adalah diskusi yang secara resmi berlangsung di acara tersebut. Panelis adalah orang-orang yang diundang ke diskusi masing-masing lembaga.

3) Diskusi panel

Merupakan kelompok kecil diskusi (3-6) orang yang membahas objek tertentu dengan duduk dalam lingkaran yang dipimpin oleh moderator. Jika diskusi tentang partisipasi audiens / pengunjung, ini disebut forum panel.

Diskusi panel adalah diskusi yang terdiri dari seorang pemimpin, beberapa peserta dan beberapa pendengar. Dalam jenis diskusi ini, kursi diatur sehingga pendengar dapat mengikuti diskusi dengan cermat. Setelah sesi tanya jawab antara pemimpin dan peserta, peserta dan pendengar, pemimpin merangkum hasil dari sesi tanya jawab dan meminta pendengar untuk membahas masalah sekitar setengah dari waktu yang tersedia

4) Diskusi simposium

Ini adalah diskusi dalam bentuk pertemuan ilmiah untuk menyajikan atau membandingkan pendapat atau sikap yang berbeda tentang masalah yang diajukan oleh komite. Pendapat dalam simposium ini dijelaskan dalam kertas kerja yang disebut prasar. Dan beberapa tujuan yang ditetapkan pada simposium perlu dikaitkan.

2. Teknik kerja kelompok

Teknik kerja kelompok adalah suatu bentuk pengajaran di mana siswa dilihat di kelas sebagai kelompok atau dibagi menjadi kelompok-kelompok. Mereka bekerja bersama untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas-tugas khusus dan mencoba untuk mencapai tujuan pengajaran yang ditetapkan oleh guru.

3. Teknik penemuan dan simulasi

a. penemuan teknologi

Teknik penemuan adalah proses di mana siswa melakukan proses mental yang harus mampu menyerap konsep atau prinsip. Yang dimaksud dengan proses mental adalah mengamati, mencerna, mengklasifikasikan, menebak, menarik kesimpulan dan sebagainya. Sementara prinsipnya adalah bahwa siswa harus menemukan atau mengalami mentalitas itu sendiri, guru hanya membimbing dan memberikan instruksi.

b. teknologi simulasi

Teknologi simulasi adalah metode pengajaran yang menggunakan perilaku seseorang untuk berperilaku seperti orang yang mengejar tujuan. Ini mencegah orang dari merasa lebih terlibat dan melakukan sesuatu, dengan kata lain, para siswa berpikir rencananya adalah untuk orang lain.

4. Permintaan teknis

Penyelidikan adalah teknik guru pra-kelas di mana guru membagi tugas memeriksa masalah ke dalam kelas. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok diberikan tugas khusus. Mereka kemudian belajar, meneliti dan mendiskusikan tugas mereka di dalam kelompok. Laporan yang terstruktur dengan baik kemudian disusun, yang dibahas dalam pleno atau dalam skala besar untuk sampai pada kesimpulan akhir.

Teknik inkuiri adalah kegiatan pembelajaran yang memaksimalkan kemampuan semua siswa untuk mencari sesuatu secara sistematis, kritis, logis, analitis (objek, orang atau peristiwa) dan untuk memeriksanya sehingga mereka dapat merumuskan hasil mereka sendiri dengan percaya diri.

Guru dalam mengembangkan pertanyaan kelas memiliki peran sebagai penasihat, penasihat, teman kritis dan fasilitator. Dia harus mampu memimpin dan merefleksikan pengalaman kelompok dan menawarkan kenyamanan untuk kerja kelompok.

5. Teknik eksperimental dan demonstrasi

a. Teknik eksperimental

Teknik eksperimental adalah metode pengajaran di mana siswa diminta untuk mencoba atau membuat pengamatan. Hasil pengamatan kemudian ditransmisikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru.

b. demonstrasi teknologi

Teknik demonstrasi adalah teknik mengajar di mana instruktur atau tim guru menunjukkan suatu proses.

6. Rekayasa pariwisata

Teknik kerja pariwisata adalah teknik mengajar yang mengajak siswa ke lokasi atau barang tertentu di luar sekolah untuk belajar atau mempelajari sesuatu.

7. Teknik Ceramah

Teknik ceramah adalah metode pengajaran paling tradisional dan jangka panjang dalam sejarah pendidikan, di mana seorang guru menyampaikan pengetahuannya secara lisan atau dalam kuliah kepada siswa.

Teknik perkuliahan adalah: Memberikan deskripsi atau penjelasan untuk sejumlah siswa pada waktu dan tempat tertentu. Dengan kata lain, teknik ini adalah teknik pengajaran di mana informasi dan pengetahuan disampaikan secara lisan kepada sejumlah siswa yang umumnya mengikuti secara pasif. Teknik ini disebut juga teknik ceramah atau bahasa.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>